Cara Menghitung Kebutuhan AC , Melayani Jepara, Kudus, Demak dan Semarang - Toko Waroeng AC Jepara Dealer AC Daikin, Mitsubishi, Modena Murah berkualitas

Cara Menghitung Kebutuhan AC , Melayani Jepara, Kudus, Demak dan Semarang

Sebelum kita membeli AC untuk ruangan kita, perlu kita ketahui dua faktor yaitu :

  1. Kebutuhan kapasitas AC berdasarkan luas ruangan dan
  2. Tata letak indoor dalam menghembuskan angin diruangan kita
  3. Jenis AC
mari kita bahas dari dua hal tersebut agar kita tidak salah dalam menentukan kebutuhan AC bagi Gedung atau ruangan anda .

1. Cara menghitung kebutuhan AC Gedung atau ruangan anda
Cara ini ada dua  rumusan yang bisa digunakan , dengan cara yang sangat detail dan simple , yang akan kami sampaikan adalah cara penghitungan secara simple dan cepat, rumus ini adalah Panjang x Lebar x 550 btu, 550 btu adalah kalori yang ada ditubuh kita dan kalori panas yang ada didalam ruangan.

Contoh : Ruangan ukuran 7 x 6 meter, berapa kebutuhan AC yang akan kita beli ? maka jawabannya adalah

7 x 6 x 550 btu = 21.300 btu maka kapasitas AC yang dibutuhkan adalah 2,5 PK dimana 2,5 PK AC mampu menghasilkan 24.000 BTU
Jadi kebutuhan yang harus dipenuhi adalah 2,5 PK , bagaimana agar kebutuhan ini efektif dan efesien ? maka dibutuhkan tata letak udara agar penyebaran nya menjadi efektif didalam ruangan. mari kita bahas dalam tata letak udara untuk unit pendingin ruangan.

2. Tata letak udara AC dalam ruangan
Dalam menentukan letak indoor didalam ruangan perlu diperhatikan beberapa hal yaitu

  • Apakah kita akan kena hembusan udara AC langsung ( cara ini kurang sehat )
  • Tidak kena hembusan angin dari indoor secara langsung.
 Dari luas ruangan yang berukuran 7 meter x 6 meter apakah akan efektif jika akan ditempatkan AC 2,5 PK ? jawaban kurang efektif, kenapa ? karena penyebaran udaranya hanya bersumbu pada satu titik, akan lebih efektif jika menggunakan AC dengan kapasitas 1 PK dan 1,5 PK atau 1 PK , 1 PK dan 0,5 PK tergantung dari faktor ruangan menghadap kemana dan berapa banyak kaca dan jendela. Dalam ruangan yang besar, perlu dilakukan survey teknisi agar tepat dalam menentukan besarakan kapasitas dan tata letak udaranya.

3. Jenis AC yang akan digunakan
Terdapat jenis atau type AC yaitu Standart , Low Watt dan Inverter dari masing - masing jenis ini sudah pernah kami ulas dalam website kami Bingung Menentukan Jenis AC silahkan di baca kembali. AC berdasarkan ruangan paling banyak dicari adalah suara hembusan angin yang tidak berisik dipertuntukan untuk ruangan Kamar Tidur dan Studio rekaman atau Studio Radio.


Kemana seorang konsumen akan berkonsultasi akan kebutuhannya ? Toko ? Toko sendiri memiliki dua type yaitu yang bersifat hanya menjual dan toko yang mengenal betul akan type ac yang akan dijual. Toko yang hanya menjual biasanya tidak memiliki atau memiliki teknisi tetapi pengetahuan tentang produknya sangat minim, berbeda dengan toko yang memiliki teknisi yang sudah tersertifikasi akan memberikan penjelasan yang detail akan sebuah produk. Menjadi konsumen yang cerdas agar tidak salah dalam menentukan kebutuhan AC nya sangat penting.

Khusus untuk AC Inverter disarankan untuk menaikan satu level, misalkan hasil perhitungan membutuhkan 1 PK maka ideal ke 1,5 PK dengan menaikan satu level maka akan terjadi penghematan listrik yang luar biasa.

Semoga artikel ini membantu banyak bagi konsumen dalam menentukan besaran AC yang dibutuhkan dan pemasangan yang efektif.

Toko WAROENG AC
Jl. Veteran No 14 A
HP/WA : +62 812-2569-9837

Comment (0)

Post a Comment